logoPreloader

Latest Trend

4 IDE MURAH MERIAH UNTUK MENGIKLANKAN UKM BAKERY ANDA

Ide Murah Meriah


Ketika UKM anda sudah berhasil membuat roti manis yang lezat, donat yang fresh, bahkan cake dengan dekorasi yang cantik, wajib hukumnya bagi anda untuk segera mempromosikan produk-produk anda. Lalu bagaimana produk-produk ini harus dipromosikan? Beriklanlah!

“Membuat iklan itu mahal!” Ya, iklan di televisi, radio, bahkan di majalah akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Namun, bukan itu konsep beriklan seperti itu yang dimaksud. Saat ini, anda bisa mempromosikan produk UKM dengan biaya yang murah meriah.

Terima kasih kepada internet dan sosial media. Ya, berbekal akses internet, penggunaan sosial media, dan kreativitas, kita bisa mempromosikan produk-produk kita tanpa mengeluarkan biaya. Melalui sosial media, kita bisa menjangkau konsumen-konsumen dengan berbagai segmentasi dengan mudah.

Memanfaatkan Sosial Media Marketing
Saat ini, jejaring media sosial tidak hanya digunakan untuk pertemanan namun bisa digunakan untuk berbisnis. Facebook contohnya, anda bisa membuat ‘Business Page’ khusus usaha anda dan mempromosikan produk anda disana. Pada bulan Oktober 2012, Facebook merilis data bahwa pengguna jejaring sosial tersebut sudah mencapai angka kurang lebih 1 Milyar pengguna. Tentu dari angka tersebut terdapat banyak customer potensial untuk usaha bakery anda. Melalui media sosial seperti Facebook, anda bisa melakukan interaksi langsung dengan pelanggan anda; mengunggah foto-foto produk anda, atau memberikan status-status menarik tentang usaha anda.

Membuat Kupon Discount
Kupon discount “Beli 1 Gratis 1” merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan usaha anda. Anda bisa mengunggah kupon ini di sosial media seperti Facebook atau sosial media lain yang dimiliki, dan pelanggan anda dapat menunjukan gambar kupon tersebut untuk menikmati promo yang ada. Kombinasi promo yang menarik dan kue lezat akan mudah mengikat pelanggan untuk kembali lagi. Namun perlu diperhatikan jika membuat promo seperti ini perlu dibatasi seperti cupcake, pastry, atau donat. Memberikan promo 2 kue besar dengan harga 1 kue tentu akan merugikan anda.

Free Samples Day!
Siapa yang tidak suka dengan promo “Sampel Gratis”? Harus diakui bahwa promo sampel gratis sangat efektif sebagai ajang mempromosikan UKM anda. Kegiatan promo seperti ini memberikan peluang untuk meraih pelanggan tetap jika mereka menyukai produk anda. Anda bisa mengatur kegiatan promo sampel gratis ini setiap 1 minggu sekali atau setiap 2 kali dalam 1 bulan. Promosikan event ini dengan memasang poster atau banner didepan toko anda untuk mencuri perhatian pelanggan yang lewat. Jangan lupa mendesain logo yang unik dan mudah diingat. Jika pelanggan sudah familiar dengan kue anda, pastikan mereka juga menghapal nama bakery anda.

Terlibat Dalam Komunitas Lokal
Anda bisa juga bekerjasama dengan komunitas disekitar wilayah anda. Membuat kursus baking decoration dengan komunitas PKK dapat menjadi kegiatan yang saling menguntungkan. Anda juga bisa mengirimkan paket roti dan kue kepada yayasan organisasi sosial, selain untuk promosi anda juga bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang menikmati. Bukan tidak mungkin UKM anda akan menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan bakery di setiap acara atau kegiatan sosial.

Promosi yang efektif adalah yang dapat memberikan informasi yang cukup dengan cara yang mudah. Memanfaatkan jejaring media sosial menjadi salah satu cara yang efektif memasang iklan dengan biaya yang murah meriah. Konten regular serta marketing campaign yang berkala akan membuat pelanggan anda semakin familiar dengan usaha bakery anda. Bekerja sama dengan komunitas lokal menjadi strategi untuk memperkuat promosi dari mulut ke mulut

Persaingan usaha yang semakin ketat menuntut para UKM untuk kreatif dalam memasarkan produknya. Mempromosikan usaha dengan biaya yang minim tentu menjadi tantangan tersendiri. Tidak ada salahnya Sahabat Filma mencoba strategi marketing yang satu ini, selain mudah, Sahabat Filma tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.