logoPreloader

Latest Trend

6 TIPS FINANSIAL UNTUK MEMULAI SEBUAH BAKERY YANG SUKSES

Roti merupakan salah satu jenis panganan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain nasi, dapat dikatakan bahwa roti adalah jenis makanan yang sering digunakan untuk sarapan. Oleh sebab itu, kehadiran bakery atau toko roti menjadi penting karena memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Namun sayangnya, memulai bisnis bakery ternyata tidak semanis rasa roti itu sendiri.

Untuk memulai sebuah usaha bakery, Sahabat Filma membutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai dari menyediakan bahan baku hingga menyewa tempat usaha – belum lagi jika harus menggaji karyawan. Kisaran modal yang diperlukan untuk membuka usaha bakery diperkirakan bisa mencapai angka Rp 200 juta.

Tantangan sesungguhnya terletak pada cara mengelola modal usaha bakery Sahabat Filma dengan tepat hingga meraih keuntungan yang maksimal. Filmapro mencoba merangkum tips financial agar usaha bakery Sahabat Filma bisa meraih untung dengan tepat.

 

Gunakan modal Anda untuk investasi peralatan

Sangat menguntungkan bagi bakers untuk menginvestasikan biaya ke dalam alat bakery (oven, dough proofer, kulkas, etalase dll). Satu hal yang harus disadari adalah, jangan berpikir bahwa membeli peralatan atau mesin itu membuang uang, namun bagaimana Sahabat Filma memaksimalkan peralatan tersebut untuk meraih keuntungan. Sahabat Filma jangan ragu untuk memilih peralatan yang terbaik, karena lebih baik untuk berinvestasi secara maksimal dan jangka panjang dibanding harus mengeluarkan biaya berulang-ulang untuk memperbaiki peralatan yang selalu rusak.

Jangan keluarkan banyak uang untuk branding -belum waktunya

Sebaiknya, Sahabat Filma jangan dahulu berpikir bahwa harus menandai setiap gelas, piring, tas dan peralatan lainnya dengan logo bakery milik Anda. Ya, itu memang penting tapi belum waktunya. Bersabar dan lihatlah apa yang sebetulnya diperlukan, kemudian jadikan hal tersebut sebagai prioritas. Akan banyak sekali perubahan di dalam usaha Anda pada tahun-tahun pertama, sehingga Sahabat Filma perlu mempersiapkan modal khusus jika hal tersebut sewaktu-waktu terjadi.

Bangun relasi dengan pelanggan Anda

Sesungguhnya investasi utama bagi bisnis Sahabat Filma adalah para pelanggan. Bersikap ramahlah kepada setiap pelanggan baru yang datang. Sisihkan sedikit modal untuk membuat free-sample produk Anda bagi para pelanggan agar mereka tahu kualitas dari produk yang Sahabat Filma jual. Jangan remehkan kekuatan word-of-mouth dari tetangga dan semua rekanan Sahabat Filma. Anda juga bisa mengikuti berbagai macam acara gathering untuk memperluas relasi, salah satunya seperti Grand Baking Demo yang sering diadakan oleh PT SMART Tbk. Selain menambah relasi, Sahabat Filma juga bisa mendapatkan banyak ilmu dan tips seputar dunia bakery.

Sahabat Filma dapat terus menyimak timeline social media Filmapro di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mengetahui jadwal Grand Baking Demo ataupun acara gathering lainnya yang akan diselenggarakan di kota Anda.

Ketahui kapan Anda balik modal

Menurut Paul Sapienza, Direktur Keuangan Retail Bakers of America dan pemilik Sapienza Bake Shop di Elmont, New York, penting untuk mengetahui kapan titik balik modal usaha Anda. Kesuksesan bergantung kepada penjualan yang mencapai titik balik modal berdasarkan biaya tetap. Kemudian Sahabat Filma bisa mengontrol biaya dengan struktur ideal seperti 25% untuk biaya produk (bahan baku dan kemasan), 35% untuk tenaga kerja, 30% untuk biaya tak terduga, dan 10% untuk keuntungan.

Jangan korbankan kualitas untuk menghemat!

Memang ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun hal ini sifatnya harus. Seberapa bagus dan besar toko Sahabat Filma, tetaplah berikan kualitas produk yang terbaik. Jangan jadikan penghematan sebagai alasan kualitas produk menurun, karena dengan begitu justru akan membuat pelanggan pergi karena melihat kualitas bakery yang tidak konsisten. Itu sebabnya penting bagi Sahabat Filma untuk terus memantau harga-harga bahan baku yang ada di pasaran, agar terus dapat mempertahankan kualitas produk dan menyesuaikan harga. Sahabat Filma dapat memanfaatkan fitur Material Price di filmapro.co.id/material-price/ untuk mengetahui harga-harga bahan baku terkini.

Sediakan metode pembayaran yang fleksibel

Sebagai bakery awal dan kecil, terkadang penting bagi Sahabat Filma untuk melakukan fleksibilitas dalam hal pembayaran. Namun metode ini disarankan dilakukan untuk pembelian dalam skala besar. Dengan menyediakan pembayaran yang fleksibel, secara tidak langsung ini adalah salah satu bentuk layanan yang dapat menyenangkan pelanggan. Bukan tidak mungkin para pelanggan akan terus mendatangi bakery Anda untuk membeli produk dalam skala besar.

Mengawali usaha memang selalu ada tantangan. Jatuh bangun itu biasa, yang terpenting adalah kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meraih keuntungan lewat usaha kita. Kondisi keuangan yang stabil merupakan salah satu langkah baik menuju usaha yang sukses. Tinggal bagaimana Sahabat Filma dapat terus mempertahankan kualitas produk dan stabilitas manajemen usaha Anda.

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.