logoPreloader

Latest Trend

APA SAJA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN SEBELUM MENENTUKAN HARGA PRODUK BAKERY?

 

Sahabat Filma sudah berhasil menciptakan kue yang diinginkan dengan sempurna. Taste test juga sudah dilaksanakan dan hasilnya memuaskan. Produk berkualitas tinggi seperti FILMA Margarine juga sudah digunakan dan membuat produk Anda menjadi lebih lezat dan tahan lama. Kini Sahabat Filma siap untuk menjual produk-produk ini ke pasaran. Namun, tiba-tiba timbul satu pertanyaan yang menghambat pergerakan Sahabat Filma, “Berapa harga yang harus saya tawarkan untuk produk bakery ini?”

Pertanyaan ini memang sering menjadi bumerang bagi Sahabat Filma ketika ingin mulai menjalankan usaha bakery. Di satu sisi Sahabat Filma merasa bahwa bakery Anda memiliki rasa yang lezat sehingga layak diberikan harga yang cukup tinggi, namun disatu sisi ada kekhawatiran karena Sahabat Filma adalah pengusaha pemula sehingga takut produk menjadi tidak laku dan merugi.

Jadi, bagaimana menentukan harga yang tepat untuk sebuah produk bakery? Sifat produk bakery yang mudah rusak membuat penentuan harga harus dilakukan secara tepat. Hal ini penting karena meskipun produk Sahabat Filma retur, keuntungan tetap bisa diraih. Selain menentukan biaya produksi dan biaya operasional, ada beberapa hal yang perlu Sahabat Filma pertimbangkan sebelum menentukan harga produk. 

Cari tahu biaya pengeluaran awal

Sebelum menentukan harga, pertama-tama Sahabat Filma harus mengetahui 2 titik balik modal. Pertama, harga harus menutupi biaya operasional dan juga biaya pembukaan awal bakery. Jika Sahabat Filma adalah pengusaha pemula, Anda tidak hanya perlu menanggung biaya untuk menjalankan bisnis setiap harinya, namun juga untuk melunasi investasi awal Sahabat Filma. Hitung biaya bisnis seolah-olah tidak memiliki hutang. Tentukan berapa banyak investasi awal yang dibutuhkan setiap bulan, dan tambahkan itu ke biaya operasional Sahabat Filma untuk mempelajari total biaya. Setelah Sahabat Filma melunasi hutang, titik impas (breakeven point) akan turun.

Tentukan harga untuk setiap bahan dalam resep

Seluruh bahan dan bumbu yang digunakan dalam produk bakery Sahabat Filma harus dihitung ke dalam struktur biaya. Ketika Sahabat Filma sudah menghitung harga keseluruhan dari bahan yang terpakai, maka Sahabat Filma sudah mendapatkan harga bersih dari produk Anda. Harga tersebut akan menjadi acuan dalam menentukan harga jual produk. Harga bahan tentu akan selalu berubah. Untuk mengetahui perkembangan harga bahan baku produk bakery Sahabat Filma bisa menggunakan fitur ‘Material Price’ yang ada di dalam website Filmapro. Fitur ini memberikan update secara berkala tentang harga bahan baku bakery yang beredar di pasaran. Tentunya ini akan mempermudah Sahabat Filma dalam menentukan harga kue-kue produksi Anda.

Analisa penjualan untuk melihat persentase biaya makanan

Penting bagi usaha Sahabat Filma untuk melakukan analisa persentase penjualan biaya makanan, apakah penjualan selama ini sudah mendukung bisnis Anda atau belum. Jika Sahabat Filma merasa bahwa produk yang dijual memiliki peminat banyak namun untungnya rendah, Sahabat Filma perlu menaikkan harga tersebut agar lebih meraih keuntungan. Lihat total biaya produk dan bagi dengan total penjualan untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap tentang biaya produk bakery Sahabat Filma.

Salah satu cara yang dapat mempermudah Sahabat Filma dalam menghitung keseluruhan biaya total usaha adalah dengan menggunakan fitur ‘Cost Calculation’ di website Filmapro. Fitur tersebut dapat menghitung secara rinci biaya rencana usaha yang akan Sahabat Filma rintis, sehingga Sahabat Filma bisa mendapatkan gambaran lengkap mengenai bisnis usaha bakery Anda.

Jangan ragu untuk melakukan penyesuaian harga, hal ini merupakan hal yang wajar dalam menjalankan bisnis kuliner. Penyesuaian harga merupakan salah satu indikasi bahwa usaha Sahabat Filma berjalan dan berkembang.

Berikan inovasi-inovasi menarik untuk memanjakan pelanggan Sahabat Filma dengan memberikan diskon, paket promo, atau gratis produk. Manfaatkan musim-musim liburan atau hari raya atau tren masa kini sebagai momentum untuk melakukan penyesuaian harga. Sahabat Filma dituntut untuk kreatif dalam menentukan harga agar memberikan penghasilan yang baik.

Jadi, sudah siap memasarkan kue dan bakery hasil kreasi Sahabat Filma? 

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.