logoPreloader

Latest Trend

COKLAT TERBAIK UNTUK PRODUK BAKERY DAN PASTRY ANDA

Coklat Terbaik Untuk Produk Bakery Dan Pastry Anda

Coklat sepertinya bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita. Bisa dikatakan hampir seluruh orang di segala penjuru dunia ini menyukai coklat. Tak hanya nikmat dimakan langsung dalam bentuk batangan, pengaplikasian coklat sebagai perisa dalam produk makanan dan minuman juga dapat meningkatkan citarasa sendiri bagi produk-produk kuliner tersebut, termasuk bakerydan pastry yang biasanya menggunakan coklat sebagai bahan tambahan untuk adonan dan sebagai dekorasi.

Sebagai ingredient paling populer, penggunaan coklat adalah hal yang wajib bagi bakery Anda. Tanpa produk yang menggunakan coklat di dalamnya, maka Sahabat Filma akan kehilangan pasar penyuka coklat yang jumlahnya sangat banyak. Bukan hanya itu, kualitas coklat juga harus Anda perhatikan karena akan berpengaruh pada rasa dan harga. Maka, pengetahuan tentang coklat harus dikuasai meski bisnis Sahabat Filma tidak hanya fokus pada penjualan coklat.

Secara umum, ada dua jenis coklat yang biasa digunakan dalam industri bakery ataupun pastry di Indonesia, yaitu couverture dan compound. Couverture dikatakan sebagai olahan coklat terbaik karena kandungan coklatnya terbilang murni dengan persentase cocoa butter yang tinggi.Couverture memiliki rasa agak pahit dan lebih lumer di lidah. Pengolahannya sendiri lebih sulit, sehingga coklat couverture ini lebih sering digunakan oleh para profesional dan industry-industri besar.



Coklat Couverture

 



Coklat Compound

Sedangkan compound adalah olahan coklat yang terdiri dari campuran 50% gula dan 50% campuran antara lemak nabati atau Cocoa Butter Substitutedan bubuk kakao. Sifat cokelat compound tidak cepat meleleh, sehingga masih bisa disimpan pada suhu 28-30 derajat Celcius. Cokelat compound dijadikan alternatif lain dari cokelat couverture, karena harganya relatif lebih murah dan pengaplikasiannya lebih mudah. Di pasaran ada tiga jenis coklat compound yang beredar, yaitu dark chocolate compound, white chocolate compound dan milk chocolate compound.

Untuk melelehkan coklat compound tidak sulit karena tidak membutuhkan alat-alat khusus. Beberapa cara berikut bisa Anda lakukan agar coklat compound bisa meleleh sempurna :

  1. Potong- potong coklat dengan ukuran kecil-kecil saja.
  2. Letakkan potongan coklat tersebut ke dalam wadah bening yang kering. Gunakan sendok pengaduk atau spatula saat hendak mengaduk coklat. Wadah yang basah dapat merusak tekstur cokelat yang akan dilelehkan. Begitupun dengan sendok pengaduk yang digunakan juga harus dalam keadaan kering.
  3. Rendam wadah bening tadi dalam wajan atau loyang, aduk cokelat hingga meleleh dan segera angkat. Perlu diingat bahwa melelehkan coklat tidak boleh langsung di atas api panas karena akan menjadi coklat tersebut kering dan tidak bisa digunakan.
  4. Selama proses steam, coklat harus selalu diaduk agar meleleh secara merata dan sempurna juga teksturnya lebih lembut
  5. Jika coklat kemasukan air tanpa sengaja, segera tambahkan satu sendok teh margarin di bagian cokelat yang terkena tetesan air, lalu aduk kembali hingga merata.

Namun selain dua jenis coklat di atas, masih ada beberapa olahan coklat lainnya yang sering digunakan dalam proses baking, di antaranya coklat meises, choco chips, pasta coklat, hingga bubuk coklat.

Untuk mendapatkan produk bakery, cake, maupun pastry dengan citarasa coklat yang sempurna, maka pemilihan coklat harus dilakukan dengan tepat, misalnya untuk brownies gunakanlah dark chocolate compound. Sedangkan untuk hiasan cake ataupun cookies, Anda bisa menggunakan coklat chip. Jika Sahabat Filma sudah paham tentang ragam coklat, ada baiknya mulai bereksperimen dengan resep berbahan coklat yang terdapat Filmapro.co.id https://filmapro.co.id/recipe/detail/choco-rainbow-cake

Jadi, siapkan beberapa jenis coklat untuk produk Sahabat Filma dan buat kalkulasi harga sesuai dengan jenis dan harga coklat yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda merugi karena menjual produk yang menggunakan coklat mahal dengan harga yang terlalu murah. Selamat meraup untung, Sahabat Filma.

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.