logoPreloader

Latest Trend

FAKTOR PENENTU YANG MEMBUAT HOME-BAKERY MENJADI SUKSES

https://previews.123rf.com/images/ammentorp/ammentorp1512/ammentorp151200058/49228854-Portrait-of-young-man-wearing-apron-standing-with-his-arms-crossed-in-a-coffee-shop-Caucasian-man-wi-Stock-Photo.jpg

 

Mungkin ini sudah bukan yang pertama kali orang-orang mengatakan bahwa kue kreasi Anda enak dan sudah waktunya dijadikan bisnis bakery. Sudah berulang kali rekan-rekan memesan kue ciptaan Anda. Dan hampir setiap hari ibu Anda menyarankan Anda untuk menjadi seorang bakers professional.

Sahabat Filma tentu sadar, membuka usaha bakery professional diperlukan persiapan yang matang. Menciptakan kue yang enak saja tidak cukup, diperlukan faktor-faktor lain yang dapat mendukung keberhasilan usaha. Sahabat Filma membutuhkan komitmen tinggi, perencanaan yang baik, dan kemampuan memasarkan produk.

Filmapro merangkum beberapa faktor yang dapat menjadikan usaha bakery Sahabat Filma menjadi sukses.

 

Business Plan (Perencanaan Usaha)

Setiap usaha pasti memerlukan business plan atau perencanaan usaha. Ketika membuka usaha rumahan, kembangkan sebuah rencana tentang bagaimana bisnis Anda akan beroperasi, kondisi keuangan, serta cara memasarkan produk Anda. Business plan yang baik serta presentasi yang menarik dapat memikat investor yang dapat memberi Anda suntikan dana sebagai modal. Sahabat Filma juga harus mempertimbangkan operasional sehari-hari, penyediaan bahan baku, jumlah karyawan yang dibutuhkan, bahkan hingga mendapatkan sertifikat-sertifikat yang dibutuhkan. Di dalam perencanaan, Sahabat Filma juga harus memasukkan rencana marketing seperti iklan, membuat website atau social media, dan rencana keikutsertaan dalam bazaar atau pameran. Untuk membantu perencanaan usaha, Sahabat Filma bisa memanfaatkan fitur Costing Calculation di Filmapro.co.id yang dapat membantu Anda menghitung pengeluaran rencana usaha anda hingga biaya dan keuntungan dalam membuat resep tertentu.

 

Riset Pasar

Sebelum membuka usaha, lakukan riset terhadap target market usaha Anda. Apa yang tidak ada di lingkungan Sahabat Filma, apa yang pasar butuhkan, dan seberapa tinggi kemampuan ekonomi calon konsumen untuk membeli produk Anda. Tidak penting apa spesialisasi Anda, yang utama adalah bagaimana harga yang Anda tawarkan merupakan representasi dari kualitas yang Anda berikan.

 

Kualitas

Kesuksesan sebuah bakery, entah home-bakery atau komersil, terletak pada kualitas produk. Kembangkan menu-menu andalan untuk dipasarkan, usahakan untuk menciptakan menu yang tidak dimiliki oleh toko-toko lain. Dekorasi kue memang penting, namun tetap saja, rasa adalah yang utama. Para konsumen tidak akan tertarik membeli kue yang rasanya tidak sesuai dengan tampilannya. Tingkatkan kualitas produk anda dengan menggunakan bahan-bahan baku yang berkualitas. Sahabat Filma bisa menggunakan produk dari PT SMART Tbk seperti Filma Prestige Margarine dan Palmboom Cake Margarine yang sudah terbukti memiliki kualitas baik dan mampu meningkatkan kelezatan kue Anda.

Tiga faktor diatas merupakan faktor prioritas jika ingin membawa hobi Sahabat Filma ke tingkat yang lebih tinggi. Home-bakery tidak selalu membutuhkan modal besar, namun tetap harus memperhatikan faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, agar usaha Anda berjalan dengan lancar.

Tidak ada salahnya Sahabat Filma menyimak tips-tips atau kisah sukses dari bakers yang memulai usahanya dari bawah di rubrik Success Story Filmapro. Dengan melihat kisah sukses orang lain, Anda akan lebih termotivasi untuk memulai usaha. Jika masih ragu, Sahabat Filma juga bisa berkunjung ke Facebook grup Indonesia Bakerspreneur, disana Anda bisa bertukar pikiran dan berdiskusi dengan sesama bakers. Jadi, apakah Sahabat Filma sudah siap membuka usaha home-bakery sendiri?

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.