logoPreloader

Latest Trend

TEROBOSAN MENGUNTUNGKAN DENGAN BISNIS SPECIALTY BAKERY

Terobosan Menguntungkan dengan Bisnis Specialty Bakery


Varian produk bakery yang semakin beragam membuka peluang untuk memulai bisnis baru. Semakin banyak yang menjadi spesialis dengan menjual produk bakery tertentu saja. Peluang ini masih cukup besar dan menguntungkan untuk Sahabat Filma manfaatkan menjadi ladang bisnis.

Di beberapa negara di dunia, artisan baker atau spesialis yang khusus membuat dan menjual produk bakery tertentu jumlahnya semakin menjamur. Di Australia misalnya, salah satu produk bakery yang digemari adalah  roti yang dibuat dari bahan organik. Seperti dilansir Daily Telegraph, tingginya permintaan akan roti organik membuat toko roti The Bake Bar yang khusus menjual produk tersebut harus membuka cabang demi memenuhi permintaan pelanggan.

Teknik pemasaran ini juga cukup sukses di Amerika, Kanada, Eropa dan kini merambah Asia. Dikutip dari Majalah Bareca, toko bakery khusus yang hanya menjual Tart atau Cupcake atau Croissant atau E Clair atau Macaroon mulai populer di Korea Selatan. Ini merupakan imbas dari kembalinya anak-anak muda yang belajar ilmu baking di luar negeri dan membuka toko sendiri di tanah kelahirannya tersebut. Seperti juga di negara lain, umumnya specialty bakery di Korsel hanya menjual 1 sampai 3 jenis produk bakery.

Di Indonesia bisnis specialty bakery sebetulnya sudah ada sejak lama. Hanya saja, pelaku bisnis specialty bakery ini kebanyakan hanya berkutat pada jenis produk yang sama, misalnya Donat. Bisa dilihat, banyaknya jaringan toko yang menjual khusus produk Donat. Sementara, masih banyak produk bakery lainnya yang belum dikelola pemasarannya seserius Donat. Apalagi, saat ini varian produk bakery semakin banyak dan semakin kreatif.

Maka, peluang untuk mengembangkan bisnis specialty bakery di Indonesia sebetulnya masih terbuka lebar. Yang pertama kali perlu Sahabat Filma lakukan adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Anda bisa menjual satu jenis produk tertentu dengan banyak varian yang unik-unik. Misalnya, spesialis Macaroon atau EClair.

Macaroon


Atau Sahabat Filma juga bisa menjadi spesialis bakery yang dibuat menggunakan bahan baku khusus untuk menghasilkan cita rasa yang berbeda atau bahkan memiliki khasiat tertentu. Misalnya, produk-produk bakery beraroma kopi, misalnya coffee pie atau bakery dengan bahan baku teh yang menyehatkan seperti Green Tea  Choux-Clair. Apa pun yang Anda pilih, produk tersebut harus memiliki ciri khas yang kuat dan berbeda dari produk yang sudah ada. Sebagai uji coba, Sahabat Filma bisa mencoba resep Coffee Pie di link berikut ini: https://filmapro.co.id/recipe/detail/coffee-pie

Akan lebih baik jika Sahabat Filma memiliki pemahaman yang baik tentang produk yang akan dijual. Saat akan menjual bakery berbahan baku kopi, pengetahuan tentang segala jenis kopi dan khasiatnya akan sangat bermanfaat. Maka, selain menawarkan produk-produk bakery dengan aroma kopi, Anda juga bisa memberi informasi tentang manfaat kopi yang terkandung dalam produk tersebut. Hal ini akan lebih menarik perhatian pelanggan. 

Jangan lupa gunakan bahan baku terbaik untuk setiap produk, termasuk kopi yang menjadi ciri khasbakery Anda. Jika ingin menjual produk Coffee Cake dan Coffee Cookies, Sahabat Filma bisa menggunakan FILMA Margarine yang memiliki aroma buttery dan dapat menambah aroma produk bakeri yang dihasilkan sehingga menjadi lebih sempurna. Atau Anda juga bisa menampilkan Coffee Bruffin dengan memanfaatkan FILMA Margarine dan FILMA BOS untuk hasil yang lebih gurih dan aroma yang lebih wangi.

Setelah memiliki produk andalan, Sahabat Filma perlu menetapkan nama bakery Anda yang sesuai dengan tema produk yang dijual. Pastikan nama yang dipilih catchy atau menarik dan mudah diingat pelanggan. Akan lebih baik jika sebelumnya dilakukan riset terkait produk dan nama bakery agar tidak sama dan terkesan meniru produk yang sudah ada.

Tentukan juga lokasi toko yang strategis sesuai segmentasi produk Anda. Jika produk yang dijual harganya cukup mahal karena menggunakan bahan baku premium, maka mal kelas atas adalah lokasi yang tepat untuk menjual produk Anda. Jangan lupa siapkan dekorasi toko yang menarik sesuai tema dan lakukan promosi sesuai segmentasi, misalnya melalui jejaring social atau media promosi lainnya sesuai budget yang ada. Hal ini akan lebih efektif menarik pelanggan.

Bagaimana Sahabat Filma, sudah punya produk specialty bakery andalan yang siap dipasarkan?

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.