Rabu, 20 Juli 2016 00:00 WIB
Dibaca : 2867 kali Komentar : 0
Penjualan bakery dan pastry pada bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya mencapai titik tertinggi namun setelah itu akan menurun. Bagaimana caranya agar produk tetap laku pasca hari raya?
Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan sajian kue-kue khas. Tak jarang, banyak orang sudah memesan paket kue jauh hari sebelum hari raya untuk stok di rumah atau sebagai buah tangan. Penjualan kue umumnya meningkat tajam menjelang hari raya.
Namun, seperti sudah menjadi hal yang lumrah, penjualan produk akan menurun usai masa liburan. Tak terkecuali dengan produk bakery dan pastry setelah momen Hari Raya Idul Fitri usai. Sebab, biasanya pelanggan masih enggan bertandang ke toko kue karena persediaan kue sisa lebaran masih tersedia mungkin hingga pekan berikutnya. Maka perlu strategi khusus untuk mengundang kembali para pelanggan ke toko Sahabat Filma. Untuk mencegah penurunan penjualan yang drastis di toko Anda, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:
Membina hubungan dengan pelanggan adalah hal yang penting. Dalam kasus Hari Raya Idul Fitri, Sahabat Filma bisa mengundang mereka untuk datang ke toko dalam acara open house. Inilah pentingnya menyimpan kontak para pelanggan. Undang mereka untuk datang ke toko untuk menjalin silaturahim sekaligus menawarkan produk-produk yang masih tersedia.
Siapa yang tak tergiur dengan potongan harga? Berikan potongan harga menarik untuk penjualan kue Sahabat Filma atau promo beli satu gratis satu, misalnya. Jangan lupa sosialisasikan promo diskon ini yang bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti sms, email atau melalui akun Facebook.
Sesuatu yang baru selalu menarik bagi pelanggan. Maka, manfaatkan momen pasca lebaran ini untuk mengenalkan produk terbaru Sahabat Filma. Peluncuran produk baru ini sangat tepat jika dilakukan pada acara open house agar bisa menghasilkan penjualan langsung. Siapkan tester, dan display packaging menarik agar pengunjung open house tak sungkan membelinnya.
Ini cara unik lain untuk menarik pelanggan ke toko Sahabat Filma pasca Lebaran atau saat open house. Siapkan tester produk terbaru dalam pouch kecil menarik sebagai hadiah untuk pelanggan yang membawa teman ke toko Anda. Selain menambah daftar pelanggan, bisa sebagai promo produk terbaru Anda. Win win solution!
Jika open house tidak memungkinkan, Sahabat Filma bisa memanfaatkan teknologi internet. Sapa pelanggan Anda lewat email blast dengan mengirimkan gift card atau kartu ucapan hari raya. Jadikan gift card digital tersebut sekaligus sebagai voucher discount dan informasikan adanya produk baru melalui email. Pelanggan bisa menunjukkan gift card digital yang sudah diprint atau hanya sekadar menunjukkannya melalui smartphone atau komputer tablet. Dengan demikian, pelanggan bisa tetap mengetahui tentang produk baru Sahabat Filma dan mau datang ke toko.
Jangan biarkan toko Sahabat Filma sepi dari pengunjung setelah Hari Raya Idul Fitri usai. Manfaatkan strategi-strategi tersebut untuk menarik kembali pengunjung ke toko Anda. Atau Sahabat Filma memiliki trik tersendiri menghadapi sepinya pasar usai libur lebaran?
Kurma Cake
MODIFIKASI TAKJIL RAMADHAN BERBAHAN KURMA
Chicken Drums Stick
Inovasi Membuat Black Forest Atau Soes Tanpa Rhum
Chicken Char Siu Bolo Bun
Mengenal Metode Autolyse: Mengoptimalkan Jeda Dalam Pengolahan Adonan
Wajib Tahu! 6 Jenis Buttercream yang Harus Anda Coba Untuk Kreasi Kue!
Ask Master Baker