logoPreloader

Latest Trend

INOVASI VARIAN ROTI NON-DAIRY

INOVASI VARIAN ROTI NON-DAIRY

Kue atau roti non-dairy merupakan variasi dari pembuatan bakery tanpa menggunakan bahan yang mengandung produk susu. Varian produk ini muncul untuk mengakomodir mereka yang sedang melakukan diet namun tetap bisa mengonsumsi produk bakery . Ada juga mereka yang mungkin mengalami kendala kesehatan seperti lactose intolerant sehingga harus membatasi konsumsi produk dairy.

Pada dasarnya produk dairy memiliki peran besar dalam pembuatan resep yang mengandung ragi. Produk susu menambahkan rasa creamy terhadap adonan, membentuk tekstur lembut dan memberikan warna kecokelatan kepada kue.

Tidak perlu khawatir, tanpa produk dairy roti Sahabat Filma tidak akan gagal. Banyak bahan pengganti yang bisa digunakan untuk membuat kue yang lezat dengan produk non-dairy.

  1. Ciptakan Buttermilk Sendiri

Jika Sahabat Filma menemukan resep bakery Sahabat Filma memerlukan buttermilk, bukan berarti Sahabat Filma tidak bisa menggantikannya. Mengapa Sahabat Filma tidak menciptakan buttermilk sendiri dengan kombinasi produk non dairy? Campurkan 1 sdm cuka atau air lemon ke dalam 1 cup susu kacang kedelai. Susu kedelai memiliki kemampuan pengentalan yang hampir sama dengan buttermilk.

  1. Menggantikan Butter

Untuk menggantikan butter, kali ini Sahabat Filma memiliki 2 opsi, minyak sayur (vegetable oil) atau vegan butter. Jika resep Sahabat Filma hanya membutuhkan sedikit butter (setidaknya tidak lebih dari 1,5 sdm butter per cup flour), Sahabat Filma bisa menggunakan minyak sayur sebagai penggantinya dengan jumlah yang sama dibutuhkan seperti butter.

Namun jika adonan membutuhkan butter yang lebih banyak (seperti croissant atau brioche), gunakan vegan butter. Mudah saja, vegan butter tetap memiliki sifat asli seperti butter saat pemanggangan.

  1. Alternatif Sour Cream dan Yogurt

Beberapa resep roti memang memanfaatkan produk dairy untuk menambahkan rasa agar mendapatkan cita rasa dan kaya. Penggunaan sour cream dan yogurt juga menjadi pilihan praktis. Namun sayangnya kedua produk tersebut termasuk memiliki kandungan susu.

Untuk menggantikan yogurt, saat ini sudah banyak alternatif yang bisa didapatkan. Penggunaan coconut milk juga menjadi alternatif yang baik. Selain itu, yogurt kedelai juga mulai jadi tren dalam pembuatan non-dairy bakery.

  1. Susu diganti dengan Apa?

Lalu bagaimana dengan susu? Mencari bahan non dairy saja terkadang susah, apalagi mencari bahan pengganti susu? Sedangkan kebanyakan resep memerlukan susu untuk adonan.

Tenang saja, justru susu merupakan salah satu bahan yang termasuk mudah untuk dicarikan penggantinya. Ya, karena saat ini sudah sangat banyak varian dari non-dairy milk yang beredar di pasaran. Jenisnya pun bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa jenis susu non-dairy yang sudah sering muncul di pasaran seperti susu kacang kedelai, coconut milk, hingga susu almond. Hal ini disebabkan tren non-dairy bakery yang mulai berkembang juga turut memicu beberapa produsen untuk menciptakan produk bahan baku yang non-dairy juga. Sehingga masyarakat jadi lebih mudah dalam mencari kebutuhan bahan baku.

 Membuat roti non-dairy memang cukup menantang. Sahabat Filma dituntut untuk sangat kreatif mencari bahan pengganti tanpa merusak komposisi roti. Beruntungnya saat ini tren kue non-dairy sudah mulai marak, dan tren ini diikuti dengan mulai munculnya produk bahan yang non-dairy juga.

Gaya hidup sehat mulai menjadi satu tren yang dilirik, secara otomatis memicu para bakers untuk berkreasi dengan menciptakan produk non-dairy. Hal ini untuk mengakomodir mereka yang tidak bisa mengonsumsi produk dairy dapat merasakan kenikmatan yang sama ketika mengonsumsi bakery. Diperkirakan tren ini akan tetap stabil dan berlangsung cukup lama, terlebih setelah gejolak pandemi Covid-19, dimana kesadaran untuk mengkonsumsi kudapan lezat tapi tetap sehat semakin menjadi pilihan gaya hidup banyak orang.

Hal ini tentu membuka peluang usaha bagi Sahabat Filma yang ingin mengembangkan bisnis bakery yang lebih inovatif dengan menyajikan produk bakery non dairy, apalagi ditambah dengan penggunaan produk produk FILMA yang sudah bebas lemak trans (Trans Fat Free), tentunya akan semakin menambah keyakinan pelanggan Anda pada kualitas produk bakery yang Sahabat Filma tawarkan.

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.