logoPreloader

Latest Trend

TRIK MENGHADAPI KONSUMEN PEMBANDING HARGA

Di dunia bisnis dan perdagangan, konsumen memang terkadang memiliki posisi yang dominan. Tak heran jika kita sering mendengar istilah pembeli adalah ‘raja’. Jika mengetahui triknya, Sahabat Filma bisa membuat ‘sang raja’ menghabiskan uangnya di bakery Anda.

Sukses dalam berbisnis bisa dikaitkan dengan kemampuan menaklukan konsumen. Artinya, bagaimana Anda bisa membuat konsumen merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan, lalu dengan mudah dan rela memberikan uangnya untuk membeli produk di bakery Anda.

Namun tidak semua konsumen bisa sesuai dengan yang kita harapkan. Tak jarang konsumen berlaku arogan, banyak bertanya tanpa membeli atau seringkali membanding-bandingkan harga. Yang terakhir memang cukup sering ditemukan. Sebagai penjual, Sahabat Filma tentu harus bisa menghadapinya untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Membandingkan harga sebetulnya hal yang lumrah terjadi dalam perdagangan. Konsumen ingin dapat membeli produk dengan harga serendah mungkin.  Jika kita yang menjadi konsumen, tentu tentu akan melakukan hal yang sama. Tapi, sebagai penjual, Sahabat Filma harus bisa meyakinkan bahwa produk bakery dan pastry yang Anda tawarkan lebih unggul dibanding produk lain sehingga wajar harganya sedikit lebih mahal.

Caranya dengan melakukan riset kecil seperti lebih mengenal produk kompetitor untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Coba bandingkan dengan produk Anda dari segi kualitas dan harga. Setelah Anda yakin dengan produk yang akan Anda jual, tentu menghadapi berbagai karakter pembeli tak akan terlalu sulit, termasuk  saat bertemu dengan konsumen pembanding harga.

Berikut beberapa tips lain yang bisa Sahabat Filma lakukan untuk mengatasi pelanggan yang suka membandingkan harga:

  1. Ada kualitas, ada harga. Sebagai penjual, yang pertama kali Anda lakukan adalah memberikan harga jual yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.
  2. Saat menghadapi konsumen yang aktif membandingkan harga, jelaskan secara detil apa yang membuat harga Anda berbeda dengan produk lain. Pastikan jaga harga sesuai dengan kualitas produk yang Anda jual.
  3. Berikan sampel produk. Siapkan produk yang sudah dipotong kecil untuk diberikan kepada calon pelanggan agar mereka bisa mengetahui secara langsung bagaimana rasanya. Jika mereka sudah cocok dengan rasanya, Sahabat Filma bisa memiliki alasan yang kuat mengapa harga produk Anda sedikit lebih mahal dibandingkan kompetitor.
  4. Jangan terpancing emosi. Menghadapi pelanggan yang membanding-bandingkan harga terkadang bisa menyulut emosi. Tapi, Anda harus tetap tenang agar menimbulkan kesan bahwa bakery Anda tak layak dibandingkan dengan kompetitor.

Intinya, Sahabat Filma harus mampu menjadi persuasif namun tetap memposisikan konsumen sebagai 'raja'. Tapi sebelumnya, Anda harus memiliki produk bakery dan pastry berkualitas, memiliki perbedaan dari produk kompetitor dan memiliki keunggulan. Setelah itu, Anda layak memberikan tawaran yang menarik untuk memuaskan konsumen.

Untuk mendapatkan variasi produk bakery premium, dapat Anda temukan di website www.filmapro.co.id di laman download resep. Jika ada pertanyaan seputar aplikasi resep, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan team chef Filma di fitur “our chef”.

Saat mulai mengembangkan bisnis, tidak hanya skill teknis yang harus di pelajari, tapi bagaimana menghadapi keinginan pelanggan yang tentunya sangat berbeda satu sama lain.

Simak artikel – artikel bisnis menarik lainnya hanya di www.filmapro.co.id !

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.