Kamis, 31 Juli 2025 15:00 WIB
|
Dibaca : 148 kali Komentar : 0
Menjadi pemilik bakery merupakan pengalaman baru yang menantang bagi Ibu Sherly. Tanpa latar belakang di dunia baking, siapa sangka semangat belajarnya justru berhasil membangun Kynara Bakery, toko roti asal Pariaman, Sumatera Barat, yang kini telah memiliki cabang di Pasaman Barat dan tengah bersiap membuka toko ketiga di Sawahlunto.
Ibu Sherly tidak pernah menyangka bahwa kecintaannya pada dunia kuliner akan membawanya menjadi pebisnis bakery. Berawal dari ketertarikannya pada roti, ia mulai mencoba membuat sendiri di rumah dan belajar secara mandiri melalui YouTube, demo baking, hingga mengikuti berbagai kelas memasak. Pada tahun 2013, ia mulai menjual roti dari rumah. Meski masih berskala rumahan, ia terus berproses hingga akhirnya membuka toko pertama pada 2014. Dari sinilah lahir nama Kynara Bakery.
Kini, Ibu Sherly dibantu 10 karyawan yang menangani produksi hingga pelayanan. Meski sudah memiliki tim, ia tetap terlibat langsung dalam pengawasan resep dan kontrol kualitas. Setiap inovasi produk maupun proses R&D tetap dimulai dari tangan Ibu Sherly, sebelum diajarkan kepada tim.
Dalam proses R&D, Ibu Sherly bercerita bahwa ia mendapat dukungan dari Tim Chef FILMA®, salah satunya yaitu Chef Junaidi yang menurutnya sangat suportif dan komunikatif dalam membimbing. Dukungan ini sangat membantu Ibu Sherly dalam menyempurnakan formulasi resep, terutama dalam memilih bahan yang tepat untuk hasil akhir yang lebih stabil dan konsisten.
Sejak 2017, Ibu Sherly mulai menggunakan FILMA® Margarine sebagai salah satu bahan utama dalam produksi. Menurutnya, pemilihan margarin yang tepat turut berperan besar dalam menjaga kualitas rasa dan efisiensi produksi. FILMA® Margarine terbukti serbaguna, bisa digunakan untuk adonan roti, kue, bahkan isian seperti risoles dan pastel, sehingga sangat membantu proses kerja di dapur dan hasil akhirnya pun disukai pelanggan.
Selain kualitas produknya yang jempolan, Ibu Sherly juga mengapresiasi dukungan dari tim sales FILMA® yang sigap dan inisiatif memberi info seputar produk hingga kegiatan FILMA® seperti demo baking atau acara lainnya. Baginya, pelayanan seperti inilah yang membuatnya merasa didukung dalam mengembangkan usaha dan membuatnya tetap setia menggunakan FILMA® hingga kini.
Salah satu alasan Kynara Bakery disukai pelanggan karena variasi produk yang beragam. Mulai dari roti manis, roti tawar, kue kering, hingga pastry, semuanya dibuat dengan kualitas yang konsisten. Ditambah lagi, konsep fresh from the oven membuat pelanggan percaya bahwa setiap produk yang mereka beli selalu dalam kondisi segar dan baru. Bagi Ibu Sherly, menjaga keberagaman dan kesegaran produk adalah bentuk komitmennya untuk terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan.
Menariknya, sebagian besar pertumbuhan bisnis Kynara Bakery terjadi secara organik—tanpa iklan berbayar maupun endorsement. Hanya dengan mengandalkan Instagram yang dikelola sendiri, serta kekuatan dari rasa dan kepuasan pelanggan, nama Kynara Bakery menyebar dari satu rekomendasi ke yang lain. Tingginya permintaan juga tidak hanya terjadi saat momen Lebaran, tetapi juga datang dari berbagai instansi dan pemesanan dalam jumlah besar. Hal ini semakin mengukuhkan reputasi Kynara sebagai bakery yang konsisten dan terpercaya.
Meski tren bakery terus berubah, Bu Sherly tak terburu-buru ikut arus. Setiap ide baru tetap ia kembangkan sendiri, disesuaikan dengan karakter produk dan selera pelanggan Kynara Bakery.
“Jangan menyerah dan terus belajar. Dalam berbisnis itu, ada suka dan dukanya. Dalam berbisnis jika ada duka, harus dihadapi,” pesan Bu Sherly kepada yang mau ikut menggeluti bisnis bakery ini.
Sahabat FILMA® juga bisa jadi bagian dari cerita sukses seperti Kynara Bakery!
Gunakan produk-produk unggulan dari FILMA®, dan jangan lupa daftar sebagai member di filmapro.co.id untuk dapatkan resep premium siap jual dan konsultasi langsung dengan chef ahli. Cek pilihan produknya lewat e-catalog kami!