Rabu, 8 Juni 2016 00:00 WIB
Dibaca : 5149 kali Komentar : 0
Inovasi adalah kunci sukses Mama Ena Pastry & Bakery. Dengan mengikuti perkembangan tren, produsen bakery dan pastry ini berhasil memikat banyak pelanggan.
Mama Ena Pastry & Bakery berdiri pada September 2014. Ena Lubis adalah pendiri sekaligus pemilik usaha bakery yang terletak di kawasan Bintaro. Usaha ini berdiri karena kecintaan sang pemilik akan dunia kuliner terutama pada olahan roti, pastry dan juga pasta. Sebelumnya, pada tahun 2003 Ena mendirikan usaha bernama Jasmine Homemade Cooking, namun akhirnya memutuskan untuk mengganti nama karena ‘Jasmine’ dianggap sudah banyak digunakan pada berbagai usaha yang sejenis. Pemilihan nama Mama Ena Pastry & Bakery sendiri bukan tanpa alasan.
“Ena adalah nama saya dan itu membuatnya jadi unik. Dan harapannya, ketika orang mendengar produk Mama Ena, maka orang akan mengasosiakan nama itu dengan nama saya.” Jelas Ena Lubis, pendiri Mama Ena Bakery & Pastry
Mama Ena Pastry & Bakery menjual 2 jenis produk yaitu frozen dan fresh food. Produk frozen food yang dijual antara lain pastel, aneka risoles, aneka kroket, dan juga aneka burger patties. Sedangkan produk fresh food yang dijual antara lain berbagai aneka olahan roti manis, aneka olahan roti artisan, dan aneka olahan pasta. Salah satu produk unggulan nya adalah Frozen Croquette.
“Di outlet biasanya kami hanya menyediakan frozen food. Hanya pada saat weekend kami sediakan fresh product. Produk fresh hanya dibuat berdasarkan pesanan. Ini untuk menjamin kesegaran produk saat diterima customer.” Jelas Ena
Mama Ena memiliki tujuan untuk memberikan solusi kepada pelanggan yang memiliki kesibukan tinggi namun ingin menyajikan makanan sehat, berkualitas dan harga yang terjangkau melalui produk frozen food. Mama Ena juga selalu melakukan inovasi terhadap produknya agar bisa bersaing dan memberikan bermacam varian baru. Tahun ini, Mama Ena mengeluarkan inovasi “Aneka Nastaart”, yaitu: Nastaart Taro, Nastaart Green Tea, Nastaart Choco dan Black Nastaart.
Tantangan terbesar bagi Ena adalah mempertahankan kualitas. Selain inovasi, kualitas adalah hal yang sangat penting bagi Mama Ena. Berbagai macam quality control dilakukan untuk menjaga kualitas produk agar tidak berubah. Melakukan uji rasa pada produk dan tidak mengganti bahan yang digunakan adalah beberapa cara Mama Ena untuk menjaga kualitas dan keaslian setiap produk yang dibuat. Dalam pembuatan produknya, Ena sendiri juga menggunakan Filma, Kunci Mas serta Palmboom sehingga kualitas produk yang dihasilkan selalu terjamin. Khusus untuk pembuatan cake dan cookies, Ena lebih percaya pada kwalitas Palmboom Cake Margarin, yang telah terbukti memiliki aroma butter yang istimewa, lebih tahan lama dan bisa menekan biaya produksi sehingga menghasilkan keuntungan maksimal.
Selain mendirikan outlet yang terletak di Pasar Segar Graha Raya Bintaro, Ruko RB1-22, Mama Ena kini sedang mempersiapkan outlet online agar memudahkan customer untuk mendapatkan produk Mama Ena dengan cara yang mudah. Dalam jangka panjang, Ena memiliki cita-cita untuk membuka outlet di dalam shopping mall.
Bagi Mama Ena, kunci dalam mendirikan usaha bakery adalah fokus, banyak belajar, dan inovasi. Inovasi yang dilakukan Mama Ena tidak hanya dalam produknya, namun juga dalam melayani pelanggan dengan pemberian berbagai macam diskon, serta inovasi dalam pengembangan bisnisnya. Kejelian Mama Ena Bakery & Pastry dalam berinovasi bisa menjadi contoh bagi Sahabat Filma yang baru terjun atau sedang menjalani bisnis yang serupa.
Kreasi Halloween Cake Untuk Bisnis Bakery Modern
Pumpkin Pie
Kue Bulan dan Peruntungannya Bagi Bisnis Bakery
Saboro Sweet Bread
Dapatkan Nilai Tambah Produk dengan Bahan Baku Sehat
Mengenal Metode Autolyse: Mengoptimalkan Jeda Dalam Pengolahan Adonan
Cara Sukses Memasarkan Bisnis Roti 1000an
Ask Master Baker